USUS YANG SEHAT






Mencoba resep baru dari kak Yulia Baltschun, dan resep itu beneran ngefek di aku. Tujuan awal adalah mau ngebersihiin usus atau menyehatkan usus. Karena memang dari jaman 2010an aku sudah bermasalah dengan sembelit, tapi sayangnya saat itu aku ngebiarin aja, ya aku pikir hal yang biasa. Sampai di awal bulan juni aku mulai peduli sama tubuh aku, dan cari-cari infolah mengenai keluhan apa aja yang aku rasain selama ini dan dimulai dengan membersihkan usus.

Jadi, sejak 1 juli 2019 aku mulai pelan-pelan ngetreat tubuh aku dengan kebiasan baru dan inget yaa, dengan cara pelan-pelan asal konsisten.

  • Minum air lemon hangat setelah bangun tidur (kalau bermasalah dengan asam lambung, tanpa lemon gak masalah)
  • minim 4 jam setelah bangun tidur minum jus sayur+buah (pakcoy/ sawi daging + nanas, selama ini resep itu yang aku pakai)
  • sebelum makan makanan berat minum 500ml air putih, agar memberikan sinyal ke usus dan kawan kawan kalau kita akan memproduksi makanan
  • minim 6/7 jam setelah bangun tidur baru makan siang (diusahakan menghindari makanan berlemak, dan kunyah makananmu sampai lembut agar ususmu tidak bekerja terlalu keras)
  • maksimal 4 jam sebelum tidur adalah makan malammu
Catatan:
- untuk pemula, aku gak langsung 4 jam setelah bangun tidur baru makan, ya awalnya aku buat 2 jam dan aku upgrade pelan-pelan sampai perutku terbiasa
- untuk resep jus sebenernya banyak, kamu bisa googling aja untuk "resep jus detox usus", karena aku sudah cocok sama resepku biasanya jadinya ya aku gak pernah ganti


Trus, efek positif setelah rutin ngetreat usus dengan cara baru?
  1. Perut lebih berasa ringan/ enggak begah
  2. setiap hari pasti BAB, hilang masalah sembelit
  3. asam lambung jarang bermasalah
  4. tidur lebih berkualitas dan ngefek keesokan harinya bangun lebih fresh
  5. bonusnya berat badan stabil (jangan dijadikan tujuan utama, karena yang paling penting menyehatkan tubuh)

Kurus itu bukan yang utama, kesehatan itu yang utama. Tampak indah dari luar, tapi banyak penyakit didalam, buat apa?

Komentar

Postingan Populer